Restartid.com – Dunia industri game kembali dikejutkan oleh keputusan Warner Bros untuk menutup tiga studio game sekaligus, yaitu Monolith Productions, Player First Games, dan Warner Bros Games San Diego.
Penutupan Monolith Productions tentu menjadi pukulan berat bagi para penggemar, mengingat studio ini dikenal sebagai pengembang game Middle-earth: Shadow of Mordor dan Shadow of War, serta tengah menggarap game Wonder Woman sebelum dibatalkan.
Namun, di tengah kabar mengejutkan ini, banyak gamer mulai mempertanyakan nasib salah satu fitur paling inovatif yang pernah dibuat dalam industri game, yaitu Nemesis System dari Shadow of Mordor.
Apa Itu Nemesis System di Shadow of Mordor?
Nemesis System adalah salah satu mekanik gameplay paling inovatif yang pernah diperkenalkan dalam dunia game. Sistem ini memungkinkan musuh mengingat interaksi pemain sebelumnya, baik saat dikalahkan atau berhasil kabur.
Fitur ini membuat setiap musuh dalam game terasa lebih hidup dan berkembang, karena mereka bisa meningkatkan level, mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hierarki Orc, serta membalas dendam kepada pemain jika mereka bertemu lagi.
Beberapa elemen utama dari Nemesis System:
- Musuh yang berevolusi → Jika seorang musuh berhasil selamat dari pertempuran, ia bisa menjadi lebih kuat dan mendapatkan kemampuan baru.
- Dendam pribadi → Musuh yang pernah dikalahkan pemain bisa kembali dengan luka atau bekas pertempuran sebelumnya dan berusaha membalas kekalahan mereka.
- Hierarki Orc → Setiap pertempuran dan interaksi dengan musuh bisa mengubah struktur kepemimpinan dalam pasukan Sauron.
Nemesis System terbukti sangat sukses dalam menciptakan pengalaman bermain yang dinamis dan menarik, sehingga Warner Bros mematenkannya agar tidak bisa digunakan oleh pengembang game lain tanpa izin.
Nasib Nemesis System Setelah Monolith Productions Ditutup
Meskipun Monolith Productions resmi ditutup, Nemesis System masih tetap berada di bawah kepemilikan Warner Bros.
Paten Masih Berlaku Hingga 2036
Warner Bros telah mengamankan paten Nemesis System sejak 2016, dan secara resmi berlaku mulai 2021 hingga 11 Agustus 2036.
Paten ini mencakup berbagai fitur utama dalam sistem Nemesis, termasuk:
- Nemesis Characters → Musuh yang memiliki hubungan unik dengan pemain.
- Nemesis Forts → Struktur benteng yang bisa dikuasai oleh musuh atau pemain.
- Social Vendettas → Mekanik di mana pemain bisa membalas dendam atas musuh yang membunuh mereka.
- Followers System → Rekrutmen pasukan yang bisa membantu pemain dalam pertempuran.
Dengan adanya paten ini, pengembang game lain tidak bisa menggunakan sistem yang serupa tanpa lisensi dari Warner Bros, sehingga inovasi ini tetap eksklusif untuk mereka.
Akankah Warner Bros Menggunakan Nemesis System Lagi?
Sampai saat ini, Warner Bros belum memberikan pernyataan resmi terkait masa depan Nemesis System. Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi:
1️⃣ Menggunakannya di Game Warner Bros Selanjutnya
Warner Bros masih memiliki hak penuh atas Nemesis System, sehingga mereka bisa menggunakannya di game lain, termasuk proyek baru yang mungkin akan datang.
2️⃣ Melisensikannya ke Studio Lain
Jika Warner Bros tidak ingin menggunakan sistem ini dalam proyek mereka, ada kemungkinan mereka melisensikan Nemesis System kepada studio lain yang tertarik untuk menerapkannya dalam game mereka.
3️⃣ Membiarkannya Terbengkalai
Dalam skenario terburuk, Warner Bros mungkin tidak akan menggunakan Nemesis System lagi karena minimnya proyek yang cocok dengan mekanik ini.
Masa Depan Nemesis System: Masih Ada Harapan?
Meskipun saat ini nasib Nemesis System belum jelas, ada beberapa alasan untuk tetap optimis:
✅ Warner Bros Masih Memegang Paten → Artinya, ada kemungkinan sistem ini masih akan digunakan di masa depan.
✅ Potensi dalam Game Open-World Lain → Sistem ini bisa diadaptasi ke berbagai genre game lain, seperti RPG, game superhero, atau bahkan game multiplayer.
✅ Teknologi Gaming yang Semakin Maju → Dengan perkembangan AI, Nemesis System bisa dikembangkan lebih lanjut untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih mendalam.
Banyak penggemar berharap Warner Bros tidak akan menyia-nyiakan inovasi ini, dan mungkin akan menggunakannya dalam game mendatang.
Namun, hanya waktu yang bisa menjawab apakah Nemesis System akan kembali bersinar, atau hanya akan menjadi kenangan bagi para gamer Shadow of Mordor.
Bagaimana menurut kalian? Apakah Nemesis System masih layak untuk dikembangkan di game-game baru?